Senin, 07 Februari 2011

cara mengatasiperilaku nakal siswa di kelas

Sebagai seorang Guru peran kita sangatlah fital di sekolah apalagi kita seorang Guru kelas maupun bidang studi apa yang harus kita lakukan. Sebaik dan sebagus apa yang Guru rancang dan ciptakan ldiingkungan kelas yang positif perilaku bermasalah pada siswa atau murid akan muncul. Sebagai  harus bisa menghadapinya dengan cara  efektif dan tepat waktu.
          Hal ini mencakup beberapa hal yang harus dilakukan seorang Guru kelas/bidang studi saat menemukan atau menhadapi permasalah perilaku siswa atau murid dalam kelas.

STRATEGI MANAJEMEN KELAS
          Ini merupakan strategi guru dalam mengatur kelas, Pakar manajemen kelas Carolyn Evertson dan rekannya membedakan manajemen kelas menjadi 2 diantara intervensi minor dan moderasi dalam menangani perilaku bermasalah.
A.    INTERVESI MINOR
Sebuah permasalahan dalam kelas yang hanya mengunakan intervesnsi minor atau kecil, masalah-masalah yang kerap muncul biasanya mengganggu aktifitas belajar di kelas. Misalnya, murid mungkin ribut sendiri, meninggalkan tempat duduk tanpa ijin, bercanda sendiri, atau memakan permen di kelas. Strategi yang efektif antara lain adalah:

1.     Menggunakan isyarat non verbal
menjalin kontak mata dengan murid. Kemudian beri isyarat atau ekspresi dengan meletakkan telunjuk jari di bibir anda, menggeleng kepala, atau menggunakan isyarat tangan untuk menghentikan perilaku tersebut.
2.     Melanjutkan aktifitas belajar
Akan  terjadi suatu jeda dalam transisi aktifitas dalam kegiatan belajar mengajar, dimana pada jeda tersebut murid tidak melakukan aktivitas. Saat itu, murid akan kesana kemari meninggalkan tempat duduknya, mengobrol dengan temannya, bercanda dan mulai ribut. Langkah atau strategi yang tepat adalah tidak mengkoreksi tindakan mereka tetapi segera melanjutkan aktifitas baru berikutnya, masuk sub bab baru atau bab baru dalam pelajaran.
3.     Dekati murid atau siswa yang rebut atau ramai
Disaat murid mulai bertindak menyimpang atau ramai. Guru cukup mendekatinya, secara otomatis siswa biasanya dia akan diam sendiri.
 4.     Mengarahkan Perilaku Siswa
Apabila murid/siswa mengabaikan tugas yang kita perintahkan, guru mengingatkan siswa/murid tentang kewajibanny. Guru bisa berkata, “Baiklah, ingat, semua anak - anak harus  bisa menyelesaikan soal matematika ini.”
5.     Memberi instruksi yang dibutuhkan
Kita melihat  siswa melakukan kesalahan kecil saat tidak memahami cara mengerjakan tugas yang di berikan. Untuk mengatasinya Guru harus memantau atau memperhatikan murid/siswa dan memberi petunjuk jika siswa membutuhkan.
6.     Menyuruh murid berhenti dengan nada tegas dan langsung
Menjalin kontak mata dengan murid/siswa, bersikap asertif, dan menyuruh murid menghentikan tindakannya. membuat pernyataan, singkat dan memantau situasi sampai murid/siswa patuh terhadap perintah guru. Strategi ini bisa dilakukan dengan mengkombinasikan strategi mengarahkan perilaku murid.
7.     Memberi murid pilihan
Memberi murid/siswa tanggung jawab dengan  dua alternatif pilihan, bertindak benar atau menerima konsekuensi negatif. Memberi tahu murid/siswa apa tindakan benar itu dan apa konsekuensi bila melanggar.

B. INTERVENSI MODERAT
Ada Beberapa perilaku siswa/murid yang salah membutuhkan Intervensi yang lebih kuat dibandingkan yang baru saja dipaparkan pada intervensi minor di atas, contoh, ketika murid menyalahgunakan aktifitasnya, mengganggu, keluar dari kelas, mengganggu pelajaran, atau mengganggu pekerjaan murid lainnya. Berikut adalah strategi yang bisa dilakukan:
1.     Jangan memberi privilese atau aktifitas yang mereka inginkan
Apabila seorang guru memperbolehkan murid untuk berkeliling kelas atau mengerjakan tugas dengan murid lain dan murid/siswa malah menyalahgunakan privilese yang guru berikan atau mengganggu pekerjaan temannya, maka anda bisa mencabut privilesenya.
2.     Menbuat perjanjian behavioral
Membuat perjanjian yang bisa disepakati dan diterima oleh semua murid. Perjanjian ini harus mencakup semua masukan dari kedua belah pihak yaitu guru dan murid. Jika muncul problem atau masalah dan murid tetap keras kepala, guru bisa merujuk pada kesepakatan bersama yang telah dibuat.
 3.     Pisahkan atau keluarkan murid dari kelas
Apabila murid bersenda gurau dan bersikap tidak mengindahkan peringatan Guru, Sebagai Guru bisa memisahkan Murid yang nakal dari murid disekitarnya ataupun mengeluarkannya dari dalam kelas.
4.     Mengenakan hukuman atau sanksi
Menggunakan hukuman atau sanksi sebaiknya tidak melakukan tindakan kekerasan, tetapi bisa dilakukan dengan memberikan tugas mengerjakan soal atau menulis halaman tambahan.

Ini merupakan sebuah kumpulan teori atau pendapat yang berkaitan dengan bagaimana mengatasi permasalah siswa dalam kelas, pengalaman dan inovasi dari Guru juga bisa dilakukan,

slamat Mencoba nya, Somaga Sukse menjadi Guru Sejati”
                                                            Berbagai sumber

15 komentar:

  1. masukan yang baik bu......
    namun, alangkah lebih baik lagi jika, kita menggunakan tehnik mengantisipasi dengan menggunakan nurani, yakni berusaha memahami dan menyelami perasaan mereka sebagai anak didik terhadap suasana kelas dan sosok kita sebagai guru. sehingga.. kita akan mampu menyikapi masalah masalah siswa seperti apa yang mereka harapkan. menyelami, menjadikan diri kita sebagai "sahabat" mereka, sharing, dan menuntun dengan tidak terlalu extreem dlam merubah perilaku mereka...diikuti dulu kesukaan mereka sambil diberikan kepercayaan kepada mereka. ontoh : jika ada sswa yang suka bercanda dan bergaduh didalam kelas, kita berikan dia reward (pujian) dengan memberikan statement bahwa dia adalah anak yang cerdas dan aktif dikelas dan memiliki mental yang luar biasa. dengan itu, dia akan merasa tersanjung dan akan lebih menghargai disaat guru tersebut kembali ke kelas... ( pengalaman saya sendiri ), jadi dengan memberikan pujian, maka si anak akan tergugah untuk menjadi bersikap menghargai dan membuktikan diri dihadapan teman2nya bahwa pujian itu sesuai dengan perilakunya dan secara otomatis dia akan merubah perilakunya atas dasar kemuannya sendiri. jika dikeluarkan dari kelas, apakah perasaannya tidak tersakiti? apakah semangat beljarnya akan tumbuh? apakah kita sekejam itu? salam damai, sekedar sharing..hidup guru indonesia

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. isi blognya koq sama persis ya dengan http://www.psikologizone.com/mengatasi-perilaku-bermasalah-siswa/06511746

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak infonya bu.. Tapi saya sudah coba tetap tdk mempan.. Saya mengajar di smk swasta yng terkenal bandel muridnya.. Kalau dikeluarkan mereka malah senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. suruh mereka nulis " saya tidak akan ribut lagi" 300 x sambil duduk di lantai. biasanya itu yg saya lakukan menghadapi murid bandel.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. kasih catatan yang banyak di papan tulis, selesai mereka nulis, kasih tanda paraf pada tulisan mereka jadi mereka tahu kalau anda perhatian pada mereka. minggu depan kumpulkan semua buku catatan lalu buat ujian, yang diujikan hanya : "tuliskan materi pelajaran minggu lalu". dengan begitu mereka tidak akan meremehkan KBM anda

      Hapus
  5. kalau anda punya HP dengan video resolusi tinggi pasang ke tripod lalu anda lakukan perekaman selama jam KBM anda. kalau ada siswa yang bandel dan sulit dinasehati, panggil dia lalu beri ancaman padanya : "kalau kamu tidak mau menghormati guru di kelas" videomu akan saya sebarkan ke kepala sekolah dan orang tua mu, biar orang tuamu yang gampari kamu di rumah"

    BalasHapus
  6. Guru adalah teladan, tidak sepenuhnya kesalahan ada di siswa. Mungkin metode kita yang kurang tepat. Ataw kurang disenangi aiswa. Ubah metode. Berikan varian. Jadikan siswa aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Posisikan guru sebagai sahabat untuk curhat mereka. Rekan untuk kerja mereka. Dan orang tua untuk melindungi mereka. Serta kakak yang baik untuk tempatnya meneladani.

    BalasHapus
  7. semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk kita yang meemiliki profesi sebagai guru les privat ke rumah semoga bisa menjadi lebih berpengalaman lagi

    BalasHapus
  8. Casino-Richland Heights Hotel & Casino - Mapyro
    Find all information 전라남도 출장안마 and best deals 광양 출장마사지 of Casino-Richland Heights Hotel 밀양 출장샵 & Casino, Mandel, Rohnert 오산 출장샵 Park, Rohnert Park, 김포 출장안마 Rohnert Park, Rohnert Park, Rohnert

    BalasHapus